Kepala sekolah adalah seorang tenaga fungsional guru yang diberi tugas untuk memimpin suatu sekolah di mana diselenggarakan proses belajar mengajar, atau tempat di mana terjadi interaksi antara guru yang memberi pelajaran dan murid yang menerima pelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui upaya kepala sekolah dalam meningkatkan kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran daring. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan sekolah yang dilakukan dalam dua siklus yang melibatkan 13 orang guru dan 23 orang siswa. Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan pada siklus I dan siklus II terjadi peningkatan yaitu hasil nilai rata-rata yang diperoleh dari hasil kegiatan pembelajaran yang awalnya 48% meningkat menjadi 87%. Yang artinya indikator peningkatan kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran di katergorikan baik. Hasil nilai rata-rata aktifitas siswa dalam pembelajaran daring yang awal 52% meningkat menjadi 83%. Yang artinya indikator dari aktifitas siswa dalam proses pembelajaran daring dikatakan kategori baik. Dari hasil penelitian diatas maka dapat disimpulan bahwa dalam mengingkatkan kemampuan melaksakan pembelajaran daring di SMP Negeri 5 Timang Gajah, kepala sekolah melakukan beberapa upaya yaitu kepala sekolah berperan sebagai pendidik dengan tujuan untuk mewujudkan visi dan misi sekolah serta dapat meningkatkan mutu pendidikan. Kepala sekolah sabagai innovator berusaha menjalin hubungan yang baik antara guru dan siswa dengan upaya mengembangkan model pembelajaran yang sesuai dengan materi yang akan diajarkan. Kepala sekolah sebagai motivator berusaha selalu memberikan motivasi bagi guru untuk terus melakukan tugasnya dengan baik dan bertanggung jawab dengan upaya menciptakan pembelajaran yang menarik dan menyenangkan bagi siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023