JURNAL REKAYASA DAN MANAJEMEN AGROINDUSTRI
Vol 11 No 2 (2023): Juni

Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Produk dan Layanan Di Warung Kopi Pekarangan Omah Jimbaran, Bali

Adi Boy Hotmauli Munthe (Unknown)
Cokorda Anom Bayu Sadyasmara (Unknown)
Dewa Ayu Anom Yuariani (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jun 2023

Abstract

The purpose of this research were to analyze the level of consumer interest in product and service quality, analyze the level of product and service quality performance, and analyze the level of consumer satisfaction with product and service quality at Warung Kopi Pekarangan Omah. The methods used in this research are IPA (Importance Performance Analysis) and Customer Satisfaction Index (CSI) methods. The respondents of this study were 79 consumers who had visited at least twice at Warung Kopi Pekarangan Omah, and the age of the respondents was between 17-33 years old. The result show that it was concluded that the product quality attributes that became the main priority agenda to improve performance were the attributes that were in Quadrant A, namely attributes 1) attractive presentation/platting 2) drink menu variations 3) drink taste and 4) the consistency of drinks for each serving, while the service quality attributes that are the main priority agenda to improve their performance are the attributes of 1) comfort, cleanliness, and neatness of the place 2) cleanliness and tidiness of employees and 3) accuracy in service and presentation. The customer satisfaction index (CSI) obtained for product quality is 89.57% and the Customer satisfaction index (CSI) obtained for service quality is 89.31%. These results indicate that consumers of Warung Kopi Pekarangan Omah are satisfied. Keywords: Consumer Satisfaction Index, Importance Performance Analysis, Product Quality, Services, Warung Kopi Pekarangan Omah Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi besarnya minat pelanggan terhadap kualitas barang dan jasa, tingkat kinerja di bidang ini, dan tingkat kepuasan klien pada Warung Kopi Pekarangan Omah. Pendekatan yang digunakan untuk penelitian ini yakni metode IPA (Importance Performance Analysis) serta Customer Satisfaction Index (CSI). Responden penelitian ini adalah 79 konsumen yang telah mengunjungi setidaknya dua kali di Warung Kopi Pekarangan Omah, dan usia responden berusia antara 17-33 tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa atribut kualitas produk yang menjadi agenda prioritas utama untuk meningkatkan kinerja adalah atribut yang ada pada Kuadran A, yaitu atribut 1) penyajian/platting yang menarik 2) variasi menu minuman 3) rasa minuman dan 4) konsistensi minuman untuk setiap porsi, sedangkan atribut kualitas pelayanan yang menjadi agenda prioritas utama untuk meningkatkan kinerjanya adalah atribut 1) kenyamanan, kebersihan, dan kerapian tempat 2) kebersihan dan kerapihan karyawan serta 3) ketepatan dalampelayanan dan penyajian. Indeks kepuasan pelanggan (CSI) yang diperoleh untuk kualitas produk sebesar 89,57% dan indeks kepuasan Pelanggan (CSI) yang diperoleh untuk kualitas layanan sebesar 89,31%. Hasil ini menunjukkan bahwa konsumen Warung Kopi Pekarangan Omah puas. Kata Kunci: Indeks Kepuasan Konsumen, Analisis Tingkat Kepentingan, Kualitas Produk, Layanan, Warung Kopi Pekarangan Omah

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jtip

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry

Description

JURNAL REKAYASA DAN MANAJEMEN AGROINDUSTRI adalah media publikasi ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi Teknologi Industri Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian-Universitas Udayana, berisikan artikel hasil-hasil penelitian, ulasan (review), opini ilmiah oleh mahasiswa, dosen, praktisi, dan ...