Simulasi teknologi sangat diperlukan oleh pendidikan kesehatan. Dosen diharapkan mampu memilih dan mengembangkan media pembelajaran yang tepat. Tidak adanya mdia pembelajaran yang tepat dan ketidakmampuan dosen dalam mengembangkan media pembelajaran yang tepat untuk pemeriksaan denyut jantung janin (DJJ) dapat menyebabkan skill mahasiswa menjadi kurang dalam pemeriksaan DJJ. Padahal kemempuan dalam pemantauan DJJ sangat penting dikuasai oleh seorang bidan agar dapat mendeteksi secara dini kemungkinan terjadinya asfiksia pada bayi baru lahir. Seperti yang diketahui bahwa asfiksia merupakan penyebab Angka Kematian Bayi tertinggi di Indonesia. Desain penelitian ini menggunakan research and development  yang menghasilkan produk yaitu boneka DJJ sederhana dan melakukan penilaian pada hasil tersebut. Proses pengembangan dalam penelitian ini adalah dengan menciptakan master irama denyut jantung janin dengan cara melakukan perekaman suara DJJ, audio mixing, konfersi file, dan selanjutnya dilakukan perakitan boneka DJJ, validitas media, dan uji coba. Hasil validitas ahli rata-rata skor 4,32 (86,5%) sehingga dinyatakan valid dan dapat dilanjutkan uji coba pada responden. Hasil uji coba pada 46 responden menyatakan bahwa media pembelajaran ini sangat menarik dengan skor rata-rata  4.5 (90%) dari total skor 5. Sehingga produk ini dinyatakan sangat menarik dan dapat digunakan sebagai media pembelajaran.
Copyrights © 2022