Jurnal Ilmiah Agritas
Vol 1 No 1 (2017)

PILIHAN STRATEGI PEMASARAN PADA PERUSAHAAN MENDEM DUREN INDONESIA DIYOGYAKARTA

Riski Amalia (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kekuatan, kelemahan, peluang, ancaman serta strategi pemasaran yang digunakan perusahaan Mendem Duren Indonesia saat ini berdasarkan strategi marketing mix yang terdiri dari perpaduan produk, harga, distribusi dan promosi. Data penelitian di analisis dengan menggunakan analisis SWOT, analisis Internal-Eksternal dan analisis QSPM dari perusahaan melalui analisis IFE dan EFE. Analisis IFE mengacu pada kekuatan dan kelemahan perusahaan sedangkan analisis EFE menitikberatkan pada peluang dan ancaman lingkungan. Hasil analisis diperoleh bahwa dari sisi internal diperoleh nilai total IFE sebesar 2,9 sedangkan dari sisi eksternal diperoleh nilai total EFE sebesar 2,44. Hasil analisis Internal-Eksternal perusahaan berada pada level V yaitu jaga dan pertahankan sedangkan dari analisis SWOT bahwa perusahaan menggunakan strategi SO yaitu menggunakan semua kekuatan untuk memanfaatkan peluang- peluang yang ada. Strategi pemasaran yang dipilih perusahaan yaitu penetrasi pasar dengan nilai total sebesar 6,46 dan strategi selanjutnya yang dipilih adalah strategi pengembangan produk dengan nilai total sebesar 5,89. Kata Kunci: marketing mix, IFE, EFE, Internal-Eksternal, SWOT, QSPM

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

agritas

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

"Jurnal Ilmiah Agritas" is a scholarly journal that is published by the Agribusiness Department, Faculty of Agriculture, Sarjanawiyata Tamansiswa University. The journal has been in publication since 2017 and is dedicated to the dissemination of research findings and advancements in the field of ...