Sistem pengapian sepeda motor berasal dari busi yang berperan sebagai sumber bunga api yang diperlukan membakar bahan bakar yang telah bercampur dengan udara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil uji performa daya, torsi dan konsumsi bahan bakar dengan menggunakan variasi jenis busi dan jenis bahan bakar. Busi yang digunakan adalah busi standart, kaki dua, platinum, dan iridium dan bahan bakar yang digunakan adalah pertalite,. Pengujian performa dilakukan menggunakan kendaraan sepeda motor 150 cc. Hasil pengujian diperoleh meliputi daya puncak pada pengujian bahan bakar pertalite dengan menggunakan busi iridium sebesar 14,2 Hp pada putaran mesin 8000 RPM. Torsi tertinggi dari seluruh data pengujian bahan bakar pertalite dengan menggunakan busi standart sebesar 13,40 Nm pada putaran mesin 7000 rpm. Konsumsi bahan bakar spesifik tertinggi untuk bahan bakar pertalite dengan menggunakan busi Standart Pabrikan memperoleh sebesar 0.130 kg/kWh pada  putaran mesin  4000  RPM  dan konsumsi bahan bakar spesifik terendah memperoleh sebesar 0.071 kg/kWh Pada putaran mesin 6000 RPM.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023