Jurnal Ilmiah Administrasi Publik (JI@P)
Vol 12 No 2 (2023): JI@P

ANALISIS PELAYANAN ONE DAY SERVICE DI DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN SRAGEN

Edy Purnomo (Unknown)
Winarti Winarti (Unknown)
Joko Pramono (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Jun 2023

Abstract

 Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pelayanan One Day Service di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sragen. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan sebagai sumber data dalam penelitian ini merupakan informan internal (penyelenggara pelayanan) dan informan eksternal (pengguna layanan), yaitu pengambilan sampel dengan maksud dan tujuan tertentu. Metode yang digunakan dalam menentukan sumber data adalah metode purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan unsur-unsur pelayanan publik dari Purwanto, Tyastianti, Taufiq, Novianto (2017), terbukti Pelayanan One Day Service di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sragen dapat menjadi solusi untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik, namun perlu dilakukan upaya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan sarana prasarana yang memadai agar Pelayanan One Day Service dapat berjalan dengan optimal terutama peningkatkan kualitas sumber daya manusia dan sarana prasarana yang memadai dalam pelaksanaan Pelayanan One Day Service di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sragen.   Kata Kunci: Pelayanan, Publik, One Day Service.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

MAP

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

The aim of this journal publication is to disseminate the conceptual thoughts or ideas and research results that have been achieved in the area of public administrations and policies. Jurnal Ilmu Administrasi Publik particularly focuses on the main problems in the development of the sciences of ...