Pendidikan adalah kunci pembentukan sumber daya manusia yang berkualitas. Namun pada kenyataannya masih terdapat berbagai macam persoalan yang ada di dunia pendidikan di negeri ini. Adanya bantuan fasilitas dari sekolah adalah akibat dari persoalan tersebut, Namun timbul berbagai pertanyaan yang muncul terkait pemberian bantuan fasilitas sekolah ini, misal apakah sudah sesuai sasaran dan kriteria dalam pemberian bantuan tersebut. pada penelitian ini menggunakan metode Clustering Algoritma K-Means. Data yang digunakan sebanyak 516 data siswa tahun 2021 sampai 2022 dengan 4 atribut, yaitu Raport, Status Siswa Yatim/Tidak, Pendapatan Orangtua, Kedisiplinan. Hasil yang diperoleh yaitu 3 Cluster dimana Cluster 1 terdapat 180 siswa dengan kebanyakan siswa berprestasi dengan nilai raport sangat baik dengan keadaan ekonomi berkecukupan. Pada Cluster 2 terdapat 13 siswa kebanyakan siswa dengan keadaan orangtua yang tidak lengkap. Pada Cluster 3 terdapat 323 siswa kebanyakan siswa dengan nilai kedisiplinan yang sangat layak dengan keadaan keluarga dan ekonomi yang memang seharusnya diprioritaskan menerima bantuan. Di harapkan dengan terbentuknya klasterisasi calon penerima bantuan fasilitas sekolah MI Datuk Singaraja Kerso, maka pihak sekolah dapat menggunakan informasi tersebut sebagai referensi untuk membentuk kelompok prioritas penerima bantuan yang lebih baik agar sesuai sasaran dan kriteria.
Copyrights © 2023