Media pembelajaran dapat dipahami sebagai segala sesuatu yang dapat menyampaikan atau menyalurkan pesan dari suatu sumber secara terencana, sehingga terjadi lingkungan belajar yang kondusif dimana penerimanya dapat melakukan proses belajar secara efisien dan efektif. Melihat dari salah satu kegiatan belajar mengajar terutama dalam hal Literasi dan Numerasi di RA As Salam Amtsilati dinilai kurang efektif mengingat tidak adanya media pendukung dalam pembelajaran. Perancangan ini dibuat dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan journalist question method (5W+1H) untuk analisis data. Sedangkan untuk perancangannya menggunakan metode perancangan Desain Thinking yang memiliki korelasi interdisiplin ilmu. Animasi Motion Graphic dibuat dengan sistem scan marker untuk menonjolkan ilustrasi karakter pada buku pegangan. Selain itu, perancangan pada media pendukung juga dibuat untuk menunjang pembelajaran, yakni flash card, pembatas buku, puzzle dan Papan Huruf “Baca & Hitung”. Selain itu penerapan pada media penunjang lain yakni pada Lembar Kontrol Belajar, Lembar Tulis Huruf dan angka, dan Poster.
Copyrights © 2023