TK Kemala Bhayangkari 46 Jepara yang beralamat di Kelurahan Potroyudan RT. 03 RW. 05 Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, yang bergerak pada dunia pendidikan untuk menciptakan generasi penerus bangsa. Permasalahan TK Kemala Bhayangkari 46 Jepara yakni kurangnya media pembelajaran tentang rambu lalu lintas pada usia dini dan belum adanya visualisasi yang menarik tentang rambu lalu lintas pada saat penyampaian materi yang berbasis android atau digital. Sehingga, pada proses belajar mengajar kurang menarik dan kurang efesien. Menciptakan perancangan game edukasi sebagai media pembelajaran berbasis android menjadi solusi yang tepat untuk mengatasi permasalahan tersebut. Tujuan dari perancangan ini adalah menyampaikan materi tentang rambu lalu lintas yang efektif dan interaktif secara digital yang berbasis android dengan menggunakan metode perancangan glass box yang berpikir secara logis dan sistematis. Perancangan game edukasi diterapkan berdasarkan kebutuhan dalam menunjang proses belajar mengajar rambu lalu lintas di TK Kemala Bhayangkari 46 Jepara dengan harapan anak-anak lebih mengenal dan mengetahui rambu lalu lintas secara detail agar kelak diusia dewasa menaati peraturan serta disiplin berlalu lintas untuk mengurangi resiko kecelakaan di jalan raya. Hasil pengujian kualitas pada perancangan game sebagai media pembelajaran oleh guru dan murid pada TK Kemala Bhayangkari 46 Jepara memperoleh nilai persentase 87%. Berdasarkan hasil dari beberapa pengujian tersebut bahwa aplikasi game tersebut layak dan dapat digunakan oleh anak usia dini sebagai media pembelajaran yang inovatif dan interaktif khususnya dalam untuk belajar rambu lalu lintas.
Copyrights © 2023