Penelitian ini merupakan replikasi studi sebelumnya karena inkonsistensi temuan pengaruh orientasi kewirausahaan pada inovasi produk. Sehingga studi ini berkontribusi mengenalkan inovasi produk yang memperkuat pengaruh orientasi kewirausahaan pada kinerja bisnis. Kontadiksi hasil terjadi pada hubungan pengaruh inovasi produk dan kinerja bisnis. Studi ini bertujuan untuk: menganalisis pengaruh orientasi kewirausahaan pada inovasi produk, mengevaluasi hubungan inovasi produk dan kinerja bisnis, dan menginvestigasi pengaruh Orientasi Kewirausahaan pada Kinerja Bisnis. Responden penelitian ini adalah 104 pengusaha atau petani Kopi yang berlokasi di Temanggung. Kuesioner disebarkan secara daring dengan metode purposive sampling. Data dianalisis dengan Partial Least Sqaure Structural Equation Model (PLS-SEM), hasil pengolahan digunakan untuk pengujian konstruk dan hipotesis. Penelitian membuktikan bahwa semakin baik tingkat orientasi kewirausahaan dan inovasi produk meningkatkan level kinerja bisnis. Inovasi produk berpengaruh positif pada kinerja bisnis. Inovasi produk mampu memediasi pengaruh positif antara orientasi kewirausahaan dan kinerja bisnis.
Copyrights © 2023