Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji serta mengetahui bagaimana pengaruh kualitas pelayanan BPJS kesehatan terhadap kepuasan pasien peserta BPJS di Puskesmas Jayapura Utara . Jenis penelitian yang digunakan adalah dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien peserta BPJS di Puskesmas Jayapura Utara , dengan jumlah 14.749 pasien yang pernah merasakan pelayanan di Puskesmas Jayapura Utara . Adapun jumlah sampel yang digunakan sebanyak 100 responden yang ditentukan berdasarkan formulasi slovin. Sumber data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari hasil pengisian kuesioner oleh para responden. Metode analisis data yang akan dilakukan terdiri dari analisis statistik deskriptif, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, serta pengujian hipotesis melalui analisis regersi linear berganda, uji t uji f dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian ini secara parsial menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dan keadilan pelayanan masing-masing memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien. Hasil penelitian secara simultan menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dan keadilan pelayanan secara bersama-sama memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien. Kata Kunci: kualitas pelayanan, keadilan pelayanan, kepuasan pasien.
Copyrights © 2023