Di era globalisasi seperti saat ini, interaksi dengan individu lain menjadi tidak terbatas. Interaksi yang terjadi bahkan memungkinkan seseorang untuk dapat berkomunikasi dengan warga di seluruh dunia, oleh karena itu keterampilan berkomunikasi dan kepercayaan dairi pada saat berkomunikasi sangatlah dibutuhkan. Cara menanamkan rasa percaya diri menggunakan bahasa Inggris ini salah satunya ialah mengadakan program bilingual di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan peran guru dalam menumbuhkan keterampilan berbahasa, inovasi yang dilakukan oleh guru dalam menumbuhkan keterampilan berbahasa, dan mendeskripsikan keterampilan berbahasa peserta didik di sekolah. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, dimana pengumpulan datanya menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dengan adanya kegiatan bilingual ini, pendidik perlu mengembangkan keterampilan berbahasa asing dengan baik serta memiliki kepercayaan diri yang dimilikinya. Dari hasil penelitian yang diperoleh peneliti, menunjukan adanya peningkatan kemahiran berbahasa asing serta rasa kepercayaan diri pada para pendidik.
Copyrights © 2023