Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin canggih pada zaman modern ini mendorong perubahan di berbagai aspek kehidupan masyarakat, salah satunya berdampak pada perubahan gaya hidup masyarakat, terutama dalam berbelanja kebutuhan. Pada zaman modern seperti sekarang, masyarakat lebih memilih untuk berbelanja kebutuhan secara online melalui platform e-commerce karena proses transaksi-nya yang mudah. Salah satu platform e-commerce yang ramai digunakan oleh masyarakat Indonesia untuk online shopping adalah Tokopedia. Tokopedia adalah salah satu aplikasi e-commerce yang tercatat memiliki jumlah pengguna tertinggi di Indonesia. Meskipun Tokopedia merupakan e-commerce yang memiliki jumlah pengguna terbanyak, masih terdapat banyak pengguna Tokopedia yang mengeluhkan masalah mengenai kesulitan dalam menggunakan aplikasi Tokopedia, hal ini dapat mengakibatkan penurunan kepuasan pengguna. Pada penggunaan aplikasi perangkat lunak seperti Tokopedia tentunya tidak lepas dari komponen dasar seperti user interface (UI) dan user experience (UX) yang termasuk salah satu komponen terpenting dalam perancangan aplikasi perangkat lunak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana user interface (UI) dan user experience (UX) dalam mempengaruhi kepuasan belanja pengguna pada aplikasi Tokopedia. Populasi penelitian ini merupakan pengguna Tokopedia yang familiar dengan penggunaan aplikasi Tokopedia. Metode pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dengan uji statistik menggunakan aplikasi SPSS 25. Berdasarkan hasil penelitian, kesimpulan yang dihasilkan adalah bahwa user interface (UI) dan user experience (UX) aplikasi Tokopedia secara positif mempengaruhi kepuasan pengguna Tokopedia.
Copyrights © 2023