Penelitian ini memiliki tujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan pembelajaran berbasis masalah (Problem based learning). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan di SMA Negeri 6 Medan. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIA 4 yang terdiri dari 33 siswa. Objek penelitian adalah kemampuan komunikasi matematis siswa melalui pembelajaran berbasis masalah di kelas XI MIA 4 SMAN 6 Medan dengan teknik penelitian berupa tes kemampuan komunikasi matematis siswa yang dianalisis secara kuantitatif. Penelitian terdiri dari 2 siklus. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa : (1) terdapat peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa dimana pada tes diagnostik hanya 57.93%, pada siklus I meningkat menjadi 66.41%, dan siklus II sebesar 80.80% . Terdapat juga peningkatan ketuntasan belajar siswa yang baik dimana pada tes diagnostik hanya 9 orang (27.27%) siswa yang memiliki nilai diatas KKM, masih sama untuk siklus I hanya terdapat 9 dari 33 siswa yang mencapai KKM (27.27%), lalu mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 25 dari 33 siswa yang mencapai KKM (75.76%). Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. [Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah di SMA Negri 6 medan]Kata Kunci: Penelitian Tindak Kelas; Kemampuan Komunikasi Matematis; Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning).
Copyrights © 2023