Health Information : Jurnal Penelitian
Content Digitized

Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kesehatan Bagi Pengguna BPJS Di Puskesmas Martubung

Tampubolon, Julianti (Unknown)
Susilawati, Susilawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jun 2023

Abstract

Kepuasan pasien merupakan konsekuensi dari pelayanan kesehatan yang diterima setiap pasien dan berdampak signifikan terhadap kondisi kesehatan. Semua pasien BPJS yang berobat ke Puskesmas Martubung harus benar-benar puas. Kepuasan pelanggan Puskesmas Martubung terhadap pelayanan kesehatan bagi konsumen BPJS menjadi tujuan utama penelitian ini. Penelitian ini menggunakan bentuk penelitian kuantitatif cross sectional. Waktu penelitian dilakukan di Puskesmas Martubung pada bulan November dan Desember tahun 2022. Populasi dalam penelitian ini adalah semua Pasien BPJS dan untuk sampel berjumlah 99 responden. Pengambilan sample dalam penelitian ini menggunakan teknik Probability Sampling dan alat penelitian berupa kuesioner penelitian yang mengajukan pertanyaan tentang layanan yang diterima oleh pasien yang memenuhi lima kriteria berbeda reliability, responsiveness, assurance, empaty dan tangibles. Hasil analisis di ketahui bahwa variabel reliability, assurance, empaty dan tangibles berhubungan dengan tingkat kepuasan pasien dengan p value < 0,05.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

HIJP

Publisher

Subject

Dentistry Health Professions Medicine & Pharmacology Nursing Public Health

Description

Health Information : Jurnal Penelitian adalah jurnal kesehatan yang bersifat mandiri, amanah, rasional, akuntabel dan global yang berisi hasil penelitian dengan metode kuantitatif dan ...