urnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi
Vol 7, No 2 (2023): Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi

Analisis Penerapan Prinsip-Prinsip Human Relations Dalam Komunikasi Organisasi Pada Startup Di Indonesia

Diyah Deviyanti (Universitas Paramadina)
Eulis Utami (Universitas Paramadina)



Article Info

Publish Date
19 Jun 2023

Abstract

Saat ini, banyak anak muda yang tertarik untuk memilih karir di dunia startup, yaitu perusahaan rintisan untuk mengembangkan sebuah produk berbasis teknologi. Menurut data hasil survei World Economic Forum (WEF) tahun 2019 bahwa minat kerja anak muda di kawasan Asia Tenggara (ASEAN) yaitu untuk bekerja di perusahaan rintisan (startup) atau mendirikan perusahaan rintisan di masa depan. Bekerja di startup dinilai menjadi kebanggaan anak muda saat ini, karena selain fleksibilitas jam kerja, gaya komunikasi di perusahaan startup yang cenderung horizontal, di mana para atasan dan bawahan dapat berkomunikasi dua arah secara langsung, tidak bersifat birokratis, menjadi daya tarik anak muda untuk terjun di dunia startup. Tentunya, dalam proses komunikasi tersebut, hubungan antar manusia (human relations) menjadi kunci untuk membangun komunikasi yang persuasif dan efektif demi mencapai tujuan bersama organisasi. Keith Davis (1957) mengatakan bahwa dalam menjalin hubungan dengan manusia, ada delapan prinsip yang harus dipegang untuk mengembangkan human relations yang lebih baik dalam sebuah organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan prinsip-prinsip hubungan antar manusia (human relations) berdasarkan teori Keith Davis dalam komunikasi organisasi pada startup yang ada di Indonesia, yaitu Zuzu Hospitality. Hasil analisis menemukan bahwa Zuzu Hospitality menerapkan delapan prinsip human relations.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

interaksi

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, diterbitkan oleh Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) bekerjasama dengan Asosiasi Pendidikan Ilmu Komunikasi Perguruan Tinggi Muhammadiyah (APIK PTM) yang terbit dua kali dalam setahun pada bulan Januari dan Juli. Terbit pertama kali pada bulan ...