Kepuasan Kerja merupakan hal yang penting bagi perawat, hal ini meningkatkan mutu Rumah sakit. Beberapa penelitian menunjukan bahwa pengarahan ini sangat berpengaruh terhadap kepuasan kerja perawat pelaksana. Terutama Pada Pelaksanaan Delegasi, komunikasi dan motivasi dari Kepala ruangan dan Katim. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak pemberian pengarahan kepala ruangan dan katim dengan tingkat kepuasaan perawat pelaksana. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan pendekatan Non Equivalen Comparison group Prees-postes Design. Sampel adalah perawat pelaksana yang berdinas di Rumah Sakit Umum swasta padang, dengan jumlah sampel sebanyak 22 orang. Pemilihan subjek penelitian dengan cara proposional random sampling yang telah memenuhi criteria sampel. Kelompok intervensi sebelum pelatihan diberikan pretes-postes. Alat pengumpulan data adalah kusioner yang terdiri atas pertanyaan tentang pengarahan dan kusioner kepuasan kerja. Data dianalisis yang digunakan uji t Test dengan derajat kepercayaan 95% atau tingkat kemaknaan yang digunakan dengan batasan nilai 0,05. Kegiatan di mulai dari tahap persipan, tahap pelaksanaan, Branstorming dengan beberapa pimpinan di rumah sakit seperti kepala ruangan dan katim. Hasil dari kegiatan adalah berdampak positif pada perawat terutama peningkatan pengetahuan dan pemahaman terkait dengan peran dan fungsi kepala ruangan terhadapa kepuasan kerja perawat. Pengarahan manajer dapat meningkatkan kepuasan kerja pearwat.Kata Kunci : Pengarahan, Karu dan katim, kepuasan kerja
Copyrights © 2023