Fikrah : Journal of Islamic Education
Vol 7, No 1 (2023)

MENUMBUHKAN SIKAP MODERAT SISWA DALAM BERAGAMA MELALUI PEMBELAJARAN PAI

Wahyudin, Wahyudin (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Jun 2023

Abstract

Pada era globalisasi dan perkembangan teknologi informasi yang pesat, umat Islam dihadapkan pada berbagai tantangan dan perubahan yang signifikan. Pendidikan Agama Islam (PAI) sebagai bagian dari kurikulum pendidikan harus memainkan peran yang lebih aktif dalam mengajarkan nilai-nilai moderat dan membangun pemahaman yang inklusif. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi efektivitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam menumbuhkan sikap moderat dalam beragama pada siswa. Pendekatan pembelajaran yang holistik diterapkan untuk memberikan pemahaman yang komprehensif tentang makna dan pentingnya sikap moderat dalam beragama.Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif-analitis. Metode deskriptif digunakan untuk menggambarkan definisi sikap moderat dalam beragama dan pentingnya menumbuhkan sikap moderat dalam beragama. Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa untuk menumbuhkan sikap moderat dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam, dapat dilakukan dengan menanamkan konsep multi religion, memperkuat kerukunan beragama, dan meningkatkan toleransi di antara siswa. Dengan demikian pembelajaran PAI yang mengintegrasikan pemahaman agama dengan nilai-nilai moderasi beragama dapat secara signifikan meningkatkan sikap moderat siswa. Siswa menjadi lebih terbuka terhadap perbedaan, mampu berdialog dengan pemeluk agama lain, dan menghargai keberagaman dalam masyarakat.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

fikrah

Publisher

Subject

Religion Social Sciences Other

Description

Fikrah: Journal of Islamic Education published twice a year since 2017 (June and December), is a multilingual (Bahasa and English), peer-reviewed journal, and specializes in Islamic Education. This journal is published by the Faculty of Islamic Studies, Ibn Khaldun University of Bogor, in ...