Genta Mulia : Jurnal Ilmiah Pendidikan
Vol. 9 No. 1 (2018): Jurnal GENTA MULIA

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN KELAS KELAS X SMAN 1 BEUTONG KABUPATEN NAGAN RAYA

Rufa Hera (STKIP Bina Bangsa Meulaboh)



Article Info

Publish Date
27 Jun 2023

Abstract

Penelitian yang berjudul “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving terhadap HasilBelajar Siswa pada Materi pencemaran lingkungan Kelas X IPA di SMAN 1 Beutong Kabupaten NaganRaya’’.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem solvingterhadap hasil belajar siswa pada materi pencemaran lingkungan. Penelitian ini merupakan penelitianeksperimen dengan populasi siswa kelas X di SMAN 1 Beutong Kabupaten Nagan Raya. Sampelpenelitian ini diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling, kelas XI. IPA1 sebagai kelaseksperimen berjumlah 20 siswa dankelas XI.IPA2 sebagai kelas kontrol berjumlah 20 siswa. Instrumenyang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, lembar soal tes dan lembar validasi,sedangkan teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi, tes dan validasi. Data yang diperoleh darihasil penelitian ini berupa hasil tes yang diberikan kepada kedua kelas yaitu sebelum pembelajaran dansesudah pembelajaran dengan soal yang sama, kemudian nilai hasil tes tersebut diolah denganmenggunakan uji-t.Dari hasil analisis data dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan ujihipotesis, maka diperoleh thitung = 20,52 dengan demikian thitung> ttabel atau 20,52 > 1,73406, maka Ha diterima dan H0 ditolak dengan taraf signifikan α = 0,05. Maka hipotesis pada penelitian ini di terima. Sehingga diperoleh hasil penelitian bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Problem solvingdapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dibandingkan dengan model konvensional Pada MateriMateri pencemaran lingkungan Kelas X IPA di SMAN 1 Beutong Kabupaten Nagan Raya.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

gm

Publisher

Subject

Aerospace Engineering

Description

Jurnal Ilmiah dengan fokus semua bidang Pendidikan (pendidikan dasar hingga perguruan tinggi). Journal ini di publish secara berkala yang diperuntukkan bagi dosen, mahasiswa dan pemerhati kependidikan untuk menyebarluaskan hasil kajian, pemikiran dan penelitian yang relevan dalam bidang pendidikan ...