Genta Mulia : Jurnal Ilmiah Pendidikan
Vol. 14 No. 2 (2023): JURNAL GENTA MULIA

IMPLEMENTASI STRATEGI TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN

Sunardi (Universitas Ahmad Dahlan)
Budi Santosa (Magister Pendidikan Guru Vokasi, Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2023

Abstract

Rendahnya partisipasi belajar siswa kelas XI TKR 1 SMK Muhammadiyah 2 Andong pada mata pelajaran pemeliharaan mesin kendaraan ringan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi belajar siswa XI TKR 1 SMK Muhammadiyah 2 Andong melalui strategi Team Assisted Individualization . Penelitian ini melibatkan 36 siswa dan dilakukan dengan satu siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Metode penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas atau yang lebih dikenal dengan (Classroom Action Reseach). Teknik pengumpulan data yang dilakukan ialah observasi, wawancara dan sumber lain yang dianggap mampu mengembangkan penelitian. Data yang diperoleh kemudian diambil kesimpulan dari reduksi dan penampilan data. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan partisipasi siswa sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran Team Assisted Indivudualization (TAI) partisipasi siswa rata-rata 15 anak (43%) menjadi 19 anak (52%).

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

gm

Publisher

Subject

Aerospace Engineering

Description

Jurnal Ilmiah dengan fokus semua bidang Pendidikan (pendidikan dasar hingga perguruan tinggi). Journal ini di publish secara berkala yang diperuntukkan bagi dosen, mahasiswa dan pemerhati kependidikan untuk menyebarluaskan hasil kajian, pemikiran dan penelitian yang relevan dalam bidang pendidikan ...