Genta Mulia : Jurnal Ilmiah Pendidikan
Vol. 9 No. 2 (2018): Jurnal GENTA MULIA

IMPLEMENTASI PENDEKATAN LESSON STUDY TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KARAKTER SISWA DI KELAS IV SD NEGERI PAYA PEUNAGA

Febry Fahreza (STKIP Bina Bangsa Meulaboh)
Junikar (STKIP Bina Bangsa Meulaboh)



Article Info

Publish Date
27 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan lesson study terhadapkarakter siswa dalam pembelajaran PKn di kelas IVB SD Negeri Paya Peunaga, untuk meningkatkankualitas pembelajaran melalui penerapan pendekatan lesson study pada siswa kelas IVB SD Negeri PayaPeunaga, sebagai upaya menanamkan karakter disiplin dan tanggung jawab pada pembelajaran PKn.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Subjek dalampenelitian ini adalah IV/B SD Negeri Paya Peunaga sebanyak 28 (dua puluh delapan) siswa, terdiri dari12 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data: observasi, wawancara dan studidokumentasi. Teknik analisis data adalah Reduksi Data (Data Reduction), Penyajian Data (DataDisplay). Dari hasil penelitian ditemukan terdapat penerapan pendekatan lesson study terhadap karakterdisiplin dan tanggung jawab siswa memiliki dampak positif dalam meningkatkan terhadap karakterdisiplin dan tanggung jawab siswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalamsetiap siklus, yaitu sebelum perbaikan (14,28%), siklus I (64,28%), siklus II (85%). Jadi kesimpulanpembahasan adalah penerapan pendekatan lesson study memiliki dampak positif terhadap kerjasamaantara siswa, hal ini ditunjukkan adanya tanggung jawab dalam kelompok dimana siswa yang lebihmampu mengajari temannya yang kurang mampu.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

gm

Publisher

Subject

Aerospace Engineering

Description

Jurnal Ilmiah dengan fokus semua bidang Pendidikan (pendidikan dasar hingga perguruan tinggi). Journal ini di publish secara berkala yang diperuntukkan bagi dosen, mahasiswa dan pemerhati kependidikan untuk menyebarluaskan hasil kajian, pemikiran dan penelitian yang relevan dalam bidang pendidikan ...