Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol. 10 No. 2 (2023): JURNAL BINAGOGIK

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) PADA HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 35 REJANG LEBONG

Leni Marlina (Universitas PGRI Silampari)
Supriyanto (Universitas PGRI Silampari)
Yeni Asmara (Universitas PGRI Silampari)



Article Info

Publish Date
10 Aug 2023

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 35 Rejang Lebong setelah penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition.Desain penelitian berbentuk eksperiment semu kategori pre-test and post-test group. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 35 Rejang Lebong dengan populasinya yaitu siswa kelas VIII. Pengambilan sampel dilakukan dengan sampel jenuh sehingga sampel yang diambil adalah adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 35 Rejang Lebong. Telnol pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes yang terdiri dari 30 soal.Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan uji-Z.Berdasarkan hasil penelitian diperoleh peningkatan nilai rata-rata, nilai rata-rata pada pre-test sebesar 61,11meningkat menjadi 86,19pada pos-test dimana ada peningkatan sebesar 17,07. Sedangkan pada perhitungan uj-t diperoleh bahwa Zhitung = 7,173 maka Zhiitung (7,173) > Ztabel (1,960) sehingga terbukti bahwa Ha diterima dan H0 di tolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 35 Rejang Lebong setelah penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition secara signifikan tuntas.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

pgsd

Publisher

Subject

Other

Description

Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Sekolah Dasar merupakan publikasi ilmiah berkala yang diperuntukkan bagi dosen, mahasiswa dan pemerhati kependidikan untuk menyebarluaskan hasil kajian, pemikiran dan penelitian yang relevan dalam bidang pendidikan Biologi dan tebit 2 kali dalam setahun (Maret ...