Latar Belakang: Pelayanan asuhan keperawatan yang berkualitas dapat diwujudkan melalui kelengkapan dokumentasi. Pada kenyataannya masih ditemukan dokumentasi asuhan keperawatan yang tidak lengkap masih menjadi permasalahan di rumah sakit. Salah satu faktor yang mempengaruhi praktik dokumentasi keperawatan adalah supervisi, sikap perawat, pelatihan, perbandingan perawat-pasien, motivasi dan pengetahuan perawat. Tujuan: Penelitian ini dilakukan untuk melihat hubungan Efektivitas Pelatihan Dan Supervisi Terhadap Peningkatan Kualitas Pendokumentasian Asuhan Keperawatan. Metode: Jurnal yang digunakan dalam literature review berjumlah 10 jurnal. Penulusuran jurnal dilakukan melalui tiga database yaitu EBSCO, ProQuest, dan Google Scholar. Hasil: Hasil yang didapatkan yaitu adanya pengaruh antara supervisi dan pengetahuan terhadap pendokumentasian asuhan keperawatan, supervisor dalam hal ini kepala ruangan berperan dalam mengarahkan perawat terutama dalam pendokumentasian asuhan keperawatan. Peran dari pengetahun perawat itu sendiri perlu ditingkatkan agar dokumentasi asuhan keperawatan dapat dilakukan dengan optimal. Pentingnya peran manajerial untuk melakukan pelatihan pendokumentasian asuhan keperawatan pada perawat pelaksana. Kesimpulan: Implentasi pendokumentasian dengan supervise baik menggunakan elektronik atau paper based yang berformat dapat meningkatkan kualitas pendokumentasian asuhan keperawatan. Hal ini akan berdampak positif terhadap kepercayaan diri dan motivasi perawat dalam pendokumentasian.
Copyrights © 2023