Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu bagaimana Fungsi Human Relation dalam meningkatkan kinerja Pimpinan dan Pegawai Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Medan. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode penelitian deskriptif kualitatif dan metode ini memfokuskan pada masalah- masalah yang lebih aktual sebagaimana yang ada pada saat penelitian ini berlangsung. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah itu, teknik analisis data dilakukan setelah data-data diperoleh melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi yang terjadi di lapangan. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa fungsi Human Relation dan Motivasi Kerja dapat meningkatkan kinerja pimpinan dan pegawai dengan cara pemimpin memberikan motivasi kepada pegawai, menerapan Human Relation didalam kantor, memberikan reward atau pengahargaan kepada pegawai yang kinerjanya bagus dan yang terakhir saling bekerja sama dalam menyelesaikan tugas di kantor
Copyrights © 2023