Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi peluang berdasarkan tahapan polya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 16 Pontianak. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu teknik pengukuran dan teknik komunikasi langsung. Adapun teknik pengukuran dalam penelitian ini menggunakan tes berupa soal cerita dan untuk teknik komunikasi langsung melalui wawancara yang dilakukan setelah siswa mengerjakan soal. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh adalah jenis kesalahan yang dilakukan oleh siswa meliputi: kesalahan dalam membuat rencana, kesalahan dalam melaksanakan rencana dan kesalahan memeriksa kembali. Tahapan polya terdiri dari empat indikator yaitu: memahami masalah, membuat rencana, melaksanakan rencana, dan memeriksa kembali.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023