Jurnal Daya Matematis
Vol 3, No 1 (2015): Maret

PROFIL PEMAHAMAN NOTASI ALJABAR DITINJAU DARI KEMAMPUAN VERBAL SISWA DI KELAS V SEKOLAH DASAR

Yunarni, Andi Yunarni yun (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Mar 2015

Abstract

Aljabar  merupakan bahasa simbol dan relasi, untuk memudahkan belajar aljabar siswa harus memiliki pemahaman konseptual tentang penggunaan simbol-simbol aljabar dan pemahaman ini  salah satunya dipengaruhi oleh kemampuan verbal. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan mendeskripsikanpemahaman notasi aljabar siswa ditinjau dari kemampuan verbal. Instrumendalam penelitianiniadalah penelitisendirisebagaiinstrumenutamayang dipandu tes kemampuan verbal, tes pemahaman notasi aljabar (TPNA), dan pedoman wawancara.Subjek penelitianadalahsiswa kelas V Sekolah Dasar yang terdiri dari 3 kelompok yaitu 2 orang siswa verbal tinggi, 1 orang siswa verbal sedang, dan 1 orang siswa verbal rendah.Pengumpulan data dilakukan dengan cara analisis tes kemampuan verbal, tes pemahaman notasi aljabar tugas dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan dalam 3 kelompok tersebut terdapat 2karakter berbeda pada verbal tinggi, dan masing-masing 1 karakter pada verbal sedang dan rendah yang diperoleh dari tes pemahaman notasi aljabar. Siswa yang memiliki verbal tinggi memahami notasi aljabar sebagai sebuah simbol aljabar akan tetapi belum mampu membedakan antara simbol dan variabel aljabar, Siswa yang memiliki verbal sedang memahami notasi aljabar sebagai sebuah simbol aljabar akan tetapi belum mampu membedakan antara simbol dan variabel aljabar, sedangkan siswa yang memiliki verbal rendah belum mampu memahami notasi maupun variabel aljabar . Kata kunci    :   Pemahaman Notasi Aljabar, Notasi Aljabar, Kemampuan Verbal.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

JDM

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Daya Matematis: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika is a journal that provides an authoritative source of scientific information for researchers and academics, research institutions, government agencies, and teacher ...