SATIN - Sains dan Teknologi Informasi
Vol 3 No 1 (2014): SATIN - Sains dan Teknologi Informasi

Rancang Bangun Aplikasi Mobile Electronic Commerce (E-Commerce) Berbasis Android

Rahmaddeni - (Teknik Informatika, STMIK Amik Riau)
Unang Rio (Teknik Informatika, STMIK Amik Riau)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2018

Abstract

Perkembangan model fashion silih berganti begitu cepat dan bervariasi. Hal tersebut menumbuhkan berbagai outlet dan butik-butik diberbagai tempat. Salah satunya adalah Outlet Ananta by Ziksan yang beralamat di Jl. Sultan No.11 Kota Rengat Kabupaten Indragiri Hulu merupakan salah satu outlet yang menyediakan fashion berbagai model baju meliputi kemeja, kaos, celana, sepatu dan aksesoris lainnya. Outlet ini selalu mengupdate koleksi baju sesuai perkembangan fashion. Namun kendala yang ada, outlet  ini menggunakan sistem penjualan yang masih manual. Dimana konsumen datang langsung ke outlet untuk melihat produk, memilih produk- produk Ananta sesuai dengan yang diinginkan, menanyakan ukuran, dan melakukan  pembayaran  di  kasir.  Melihat  perkembangan  android  yang  begitu pesat, dan mampu diserap dengan baik oleh masyarakat luas, akan sangat efektif apabila android digunakan sebagai media promosi produk yang dijual pada outlet Ananta by Ziksan. Dengan membangun aplikasi e-commerce berbasis android, memudahkan masyarakat luas atau calon konsumen untuk mengetahui produk- produk Ananta yang sudah disertai harga dan stoknya, dan bisa langsung melakukan order barang yang akan dibeli melalui android serta melakukan konfirmasi pembayaran. Selain dapat diakses melalui android oleh konsumen, aplikasi  ini  juga  dapat  diakses  melalui  desktop  oleh  pemilik  outlet  untuk mengelola data produk, stok produk, penjualan, order produk dan konfirmasi pembayaran dari konsumen

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

satin

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Fokus dan Ruang Lingkup Jurnal ini menerbitkan hasil penelitian dalam bentuk artikel penelitian, studi literatur dan artikel dalam bentuk konsep dan kebijakan dalam bidang komputer pada umumnya : Security and Networking Computing Theory and Computational Model E-Learning, E-Business, E-Government, ...