UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) memiliki peran yang baik dalam meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi. Era saat ini banyak anak-anak muda yang menggeluti bisnis UMKM guna menambah penghasilan. Salah satu mahasiswa di Ngoresan, Jebres, Surakarta baru saja merintis UMKM yaitu menjual Es Teh Jumbo yang saat ini sedang menjadi trend. Pemilik merasa masih terbatas dalam hal promosinya. Sampai sekarang, pemilik memasarkan produknya hanya di lingkungan Desa Ngoresan saja. Strategi yang dapat dilakukan untuk membantu mengembangkan UMKM tersebut dengan melakukan pendampingan pelatihan digital marketing sehingga produk akan lebih dikenal dan jangkauan pemasarannya lebih luas sehingga dapat meningkatkan kuantitas penjualan produknya. Tidak hanya itu saja, pemilik juga menginginkan produknya memiliki perbedaan dari produk Es Teh Jumbo lainnya. Adapun hasil dari kegiatan pelatihan tersebut adalah 1) UMKM dapat melakukan pemasaran lebih luas dan 2) UMKM memiliki akun media social untuk melakukan pemasaran produknya. Kegiatan pelatihan yang telah dilaksanakan memberikan manfaat praktis yang diperoleh baik pemilik dan karyawan UMKM, yaitu pemilik dan karyawan UMKM memperoleh peningkatan skill dalam melakukan pemasaran produk melalui akun media sosial.
Copyrights © 2023