Jurnal Eksplorasi Karya Sistem Informasi dan Sains
Vol 8, No 2 (2015): Sistem Informasi untuk Meningkatkan Pelayanan Terhadap Konsumen

SISTEM INFORMASI PELAYANAN JASA SERVIS SEPEDA MOTOR Studi Kasus : Naga Mulya Motor Yogyakarta

Stefan Ekaresta Nugroho (Program Studi Sistem Informasi Fakultas Teknologi Informasi Universitas Kristen Duta Wacana Yogyakarta - Indonesia)
Jong Jek Siang (Program Studi Sistem Informasi Fakultas Teknologi Informasi Universitas Kristen Duta Wacana Yogyakarta - Indonesia)



Article Info

Publish Date
25 Nov 2015

Abstract

Aturan pelayanan servis sepeda motor diawali dengan penyerahan sepeda motor konsumen pada petugas, kemudian konsumen menunggu hingga proses servis selesai. Permasalahan yang terjadi di bengkel Naga Mulya Motor adalah ruang tunggu yang berbeda dengan ruang servis. Akibatnya, pelanggan tidak mengetahui kegiatan yang dilakukan bengkel, dan pengelola bengkel kadang lupa memberi tahu pelanggan bahwa sepeda motornya dapat diambil karena telah selesai diservis.Pada penelitian ini dibuat sebuah sistem informasi untuk memvisualisasikan status sepeda motor yang diservis. Status sepeda motor berupa status antri, servis dan selesai. Program dibuat menggunakan jaringan wifi yang terdapat pada server laptop sehinga dapat menampilkan 2 keadaan pada layar yang berbeda. Layar utama digunakan sebagai server yang diakses oleh admin untuk melakukan proses administrasi servis. Layar kedua diletakkan di ruang tunggu yang digunakan untuk menampilkan status sepeda motor kepada pelangan. Hasil penelitian berupa sebuah sistem yang dapat memvisualisasikan status sepeda motor yang sedang diservis sehingga pelanggan yang berada di ruang tunggu mengetahui apakah sepeda motor yang di servis telah selesai.

Copyrights © 2015