Instagram merupakan salah satu media sosial yang saat ini banyak digunakan sebagai media pemasaran. Popularitas Instagram menyebabkan banyak pelaku usaha mulai memanfaatkan media sosial dalam kegiatan pemasarannya, salah satunya yaitu UMKM DHC yang bergerak di industri makanan sehat yang berada di Kota Malang. Peningkatan kesadaran masyarakat akan makanan sehat juga menjadi hal yang perlu diperhatikan karena hal tersebut membuat UMKM DHC sebagai salah satu pelaku usaha makanan sehat harus meningkatkan strategi pemasarannya agar produk dari UMKM DHC dapat lebih banyak dijangkau konsumen. Interaksi yang terjadi pada media sosial Instagram UMKM DHC masih rendah, padahal interaksi termasuk salah satu indikator dari pemasaran media sosial yang harus diperhatikan agar dapat meningkatkan kepercayaan konsumen, terlebih lagi media sosial merupakan media yang hanya dapat dilihat visualisasinya saja tanpa dapat merasakan produknya secara langsung. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh social media marketing melalui Instagram terhadap minat beli dan keputusan pembelian UMKM DHC dan menganalisis pengaruh keduanya dengan brand trust sebagai variabel moderasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan jumlah minimum responden sebanyak 45 konsumen. Pengumpulan data dilakukan dengan angket menggunakan skala Likert lima kategori serta dianalisis menggunakan SEM-PLS software WarpPLS 8.0. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara langsung social media marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli tetapi tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian, brand trust signifikan memoderasi hubungan social media marketing terhadap minat beli tetapi tidak signifikan memoderasi hubungan social media marketing terhadap keputusan pembelian, dan minat beli berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.
Copyrights © 2023