Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi
Vol 24, No 1 (2023): Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi

Bauran Pemasaran 4P terhadap Loyalitas Pelanggan pada Home Industry Dailee Express (DE) melalui Kepuasan Pelanggan

Naomy Tasyalingga Tiffany Kitu (Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Brawijaya)
Riyanti Isaskar (Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Brawijaya)
Heptari Elita Dewi (Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Brawijaya)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2023

Abstract

Tingkat persaingan yang kompetitif pada industri makanan dan minuman sehat di Kota Malang membuat Dailee Express (DE) mengalami penurunan penjualan pada tahun 2022. Persaingan bisnis yang ketat ini menuntut Dailee untuk memperbaiki strategi pemasarannya dengan memperhatikan penerapan bauran pemasaran 4P guna menciptakan konsumen yang loyal pada perusahaan. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis pengaruh langsung bauran pemasaran 4P yaitu harga, produk, distribusi, dan promosi terhadap loyalitas pelanggan Dailee dan pengaruh tidak langsungnya melalui kepuasan pelanggan, serta bagaimana pengaruh kepuasan terhadap loyalitas pelanggan. Penentuan responden penelitian dengan teknik purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 56 pelanggan Dailee. Data dianalisis menggunakan metode SEM-PLS dengan software Smart PLS 4.0. Hasil dari penelitian ini yaitu bauran pemasaran 4P yang secara langsung berperan dalam mempengaruhi kepuasan pelanggan Dailee adalah produk dan distribusi. Bauran pemasaran 4P yang secara langsung berperan dalam mempengaruhi loyalitas pelanggan Dailee adalah harga dan promosi. Kepuasan pelanggan mampu memediasi antara variabel produk dengan loyalitas pelanggan. Kepuasan pelanggan secara signifikan memberikan pengaruh pada loyalitas pelanggan Dailee. Dari hasil penelitian, disarankan kedepannya Daukee dapat membuka toko secara fisik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jdse

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Economics, Econometrics & Finance Environmental Science Social Sciences

Description

Manajemen Agribisnis Manajemen Keuangan Manajemen Usahatani Manajemen Risiko Manajemen Pemasaran Manajemen Sumber Daya Manusia Manajemen Strategik Agribisnis Manajemen Produksi Pertanian Bisnis Internasional Ekonomi Internasional Ekonomi Sumberdaya Alam dan Lingkungan Ekonomi Produksi Pertanian ...