Literasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Vol. 13 No. 2 (2023): Literasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah

PEMBELAJARAN LITERASI MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS VI MADRASAH IBTIDAIYAH

Wirdania Nasution (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Riris Nurkholidah Rambe (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2023

Abstract

Literasi merupakan kemampuan yang sangat penting untuk dimiliki setiappeserta didik. Tulisan ini bertujuan menganalisis pembelajaran literasi matapelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas VI MIN 12 Kota Medan. Metodekualitatif yang bersifat deskriptif dipilih dalam penelitian ini yang mengungkapdata dengan teknik obeservasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjekpenelitian adalah peserta didik kelas VI MIN 12 Kota Medan yang berjumlah33 orang dan 1 orang wali kelas VI. Indepth Interview dilakukan dengan walikelas dan peserta didik. Observasi dilaksanakan pada waktu pembelajaranbahasa Indonesia berlangsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwapelaksanaan kegiatan literasi pada mata pelajaran bahasa Indonesia diawalidengan kegiatan membaca 15 menit sebelum pembelajaran dimulai, kegiatanmembaca dilakukan dengan metode auditori, serta mengidentifikasi kata baruyang belum diketahui. Hambatan dalam kegiatan literasi pada mata pelajaranbahasa Indonesia yaitu pada aspek keterampilan membaca dan menulis dankesulitan guru dalam menerapkan kegiatan membaca yang lama dikhawatirkanakan mengurangi waktu mata pelajaran yang lain. Upaya yang dilakukan guruguna mengatasi hal tersebut adalah dengan melakukan pembiasaan membaca15 menit sebelum pembelajaran dimulai, memberikan aspek penilaian dalammembaca bukan dari seberapa cepat, akan tetapi seberapa fokus padapemahaman kalimat serta penempatan tanda baca yang tepat, dan memberikanpeluang terhadap peserta didik dalam menuangkan ide pokoknya dalammenulis, seorang guru harus pandai dalam membagi waktu belajar yang efektifagar kegiatan membaca yang dilakukan tidak menganggu waktu mata pelajaranyang lain dengan memilih metode yang sesuai. Hal-hal yang perlu diperhatikandalam kegiatan literasi pada mata pelajaran bahasa Indonesia yakni berupabahan ajar, sumber dan strategi pembelajaran, serta penilaian.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

literasi

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal ini diberi nama LITERASI, nama tersebut dipilih sebagai upaya untuk tetap menjadikan keterampilan berbahasa sebagai landasan pengembangan ilmu pengetahuan. Seperti sebuah pernyataan “bahasa sebagai penghela ilmu pengetahuan”. Jurnal LITERASI diterbitkan oleh Prodi Pendidikan ...