Pertumbuhan dan perkembangan e-commerce di Indonesia sangat pesat begitu pula dengan pertumbuhan internet. Perubahan pola hidup masyarakat untuk beralih berbelanja online dalam pembelian implusif yang memiliki kecenderungan konsumtif dalam berbelanja. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh tingkat motivasi dan prilaku belanja online terhadap pembelian impulsif. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif yang menjelaskan hubungan kausal antar variabel penelitian melalui pengujian hipotesis. Teknik pengambilan sampel menggunakan non-probability sampling dan metode purposive sampling. Ukuran sampel yang digunakan adalah 100 responden dengan ketentuan pernah berbelanja menggunakan aplikasi online shop. Analisis data menggunakan Partical Least Square (PLS) dan dibantu oleh software SmartPLS 4.0. Berdasarkan dari hasil pengujian terhadap hipotesis dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) variabel motivasi konsumen memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap pembelian impulsif, (2) variabel prilaku masyarakat memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap pembelian impulsif, dan (3) variabel motivasi konsumen dan prilaku masyarakat memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap pembelian impulsif pada masayarakat pesisir Kabupaten Labuhanbatu.
Copyrights © 2023