Jurnal EK dan BI
Vol 6 No 1 (2023)

TINGKAT MOTIVASI DAN PERILAKU MASYARAKAT PESISIR DALAM BERBELANJA ONLINE SHOP MELALUI PEMBELIAN IMPULSIF

Asiah Marpaung (Universitas Labuhanbatu)
Ade Parlaungan Nasution (Unknown)
Fauziah Hanum (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2023

Abstract

Pertumbuhan dan perkembangan e-commerce di Indonesia sangat pesat begitu pula dengan pertumbuhan internet. Perubahan pola hidup masyarakat untuk beralih berbelanja online dalam pembelian implusif yang memiliki kecenderungan konsumtif dalam berbelanja. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh tingkat motivasi dan prilaku belanja online terhadap pembelian impulsif. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif yang menjelaskan hubungan kausal antar variabel penelitian melalui pengujian hipotesis. Teknik pengambilan sampel menggunakan non-probability sampling dan metode purposive sampling. Ukuran sampel yang digunakan adalah 100 responden dengan ketentuan pernah berbelanja menggunakan aplikasi online shop. Analisis data menggunakan Partical Least Square (PLS) dan dibantu oleh software SmartPLS 4.0. Berdasarkan dari hasil pengujian terhadap hipotesis dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) variabel motivasi konsumen memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap pembelian impulsif, (2) variabel prilaku masyarakat memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap pembelian impulsif, dan (3) variabel motivasi konsumen dan prilaku masyarakat memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap pembelian impulsif pada masayarakat pesisir Kabupaten Labuhanbatu.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

EKBI

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal EK&BI merupakan jurnal yang dimaksudkan sebagai media terbitan kajian ilmiah hasil penelitian, pemikiran dan kajian analisis-kritis mengenai isu Ilmu - ilmu ekonomi dan bisnis dan lain-lain yang terkait. Artikel ilmiah dimaksud berupa kajian teori (theoritical review) dan kajian empiris dari ...