Jurnal AGRISEP: Kajian Masalah Sosial Ekonomi Pertanian dan Agribisnis
JURNAL AGRISEP VOL 19 NO 02 2020 (SEPTEMBER)

SMARTPHONE ADOPTION ON FRUIT MARKETING COMMUNICATION: A TRADERS PERCEPTION

Akhmadi, Heri (Unknown)
Fauzan, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Sep 2020

Abstract

Telepon pintar atau smartphone merupakan salah satu perangkat teknologi informasi yang saat ini banyak digunakan oleh pedagang dalam kegiatan pemasaran. Selain sebagai media komunikasi, smartphone juga digunakan oleh pedagang untuk mendapatkan informasi pasar dan mengomunikasikan produk dan jasanya ke konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis profil dan persepsi pedagang buah dalam menggunakan smartphone sebagai media komunikasi pemasaran buah-buahan. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode kuantitatif dengan analisis deskriptif menggunakan lima poin skala Likert untuk menganalisis persepsi pedagang buah di Kota Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pedagang menggunakan smartphone dalam kegiatan pemasaran buah-buahan karena dipersepsikan dapat memberikan keuntungan relatif dengan tingkat kemudahan penggunaan yang tinggi, bermanfaat secara nyata dengan resiko dan kompleksitas penggunaan yang rendah. Lain dari pada itu, Samsung, Telkomsel dan WhatsApp merupakan merk smartphone, provider telekomunikasi dan aplikasi yang paling banyak dipilih pedagang.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

agrisep

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Economics, Econometrics & Finance

Description

(1) The Macro approach of agricultural socio-economic as a system which comprehensive and integrated from subsystems up-stream, subsystems on-farm, subsystems down-stream, subsystems support and the impact of their interrelationships with government policy, international economics, agricultural ...