Dalam mekanisme pasar selalu terjadi permintaan dan penawaran antara produsen dan konsumen yang mengakibatkan produsen harus membuat barang dengan kualitas dan harga yang terjangkau oleh konsumen. Dan para produsen harus memiliki strategi pemasaran agar dapat menarik minat para konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan strategi pemasaran dan etika bisnis para suplayer di mini market gontor 6 dan kesesuaiannya dengan konsep strategi pemasaran dan etika bisnis dalam islam.Penelitian ini menggunakan metode deduktif dengan pendekatan studi kasus apa yang terjadi dilapangan. Penulis mengumpulkan data-data primer. Dalam mengumpulkan data-data tersebut penulis menggunakan metode observasi (observation method), kemudian meggunakan metode dokumentasi guna mengumpulkan data berupa data-data tertulis yang mengandung keterangan dengan penjelasan tentang apa yang terjadi dilapangan, dan menggunakan metode wawancara guna mengumpulkan data-data yang akurat dilakukan dengan tanya jawab secara lisan, bertatap muka atau lewat telepon dengan para suplier. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan cara berfikir induktif untuk menemukan konsep strategi pemasaran islam, dan berfikir deduktif untuk menarik kesimpulan dari pembahasan.100% supplier di MM Gontor 6 menawarkan produk yang sudah mendapat label MUI dan BPOM juga terdaftar di DepKes. Hanya 12,5% dari sample yang kurang bisa berkomunikasi baik dengan para konsumen karena masih memaksa dan tidak bersikap fleksible dalam menghadapi konsumen yang terlambat membayar tagihan. Secara keseluruhan para supplier di MM gontor 6 sudah sesuai menerapkan Islamic marketing mix dan etika bisnis islam dengan baik dalam kehidupan berbisnis mereka. Dengan penelitian yang jauh dari kata sempurna ini, diharapkan pembahasan yang lebih lanjut agar penelitian ini menjadi lebih baik dan sempurna. Akhir kata semoga penelitian ini bermanfaat khususnya bagi peneliti sendiri dan bagi para pembaca pada umumnya.
Copyrights © 2019