Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran guru pendidikan agama Kristen dalam pembentukan religius siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 15 Medan. Metode kualitatif deskriptif digunakan dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah triangulasi, nyakni melalui observasi partisipasi aktif, wawancara tidak terstruktur dan dokumentasi. Hal penelitian ditemukan bahwa karakter religius siswa di SMA Negeri 15 tercermin melalui sikap dan perilaku yang patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya, toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain, dan hidup rukun dengan agama lain. Selain itu, peran guru PAK yang dilakukan adalah sebagai pengajar dan pendidik serta sebagai teladan dalam karakter religius. Guru PAK juga menghadapi faktor yang mempengaruhi pembentukan karakter siswa, nyakni faktor penghambat dan faktor pendukung. Dalam melaksanakan perannya guru PAK melakukan beberapa metode yang membantu pembentukan karakter siswa, yaitu melakukan pembiasaan berdoa dan bernyanyi, pengenalan Alkitab, pembentukan kegiatan keagamaan rutin serta menjadi teladan bagi siswa.
Copyrights © 2023