Jurnal Indonesia Mengabdi
Vol. 5 No. 1 (2023): June Edition

Pelatihan Aplikasi KOCO.SCHOOLS Sebagai Media Pembelajaran Interaktif di SMA Muhammadiyah 25 Pamulang

Lismawati Lismawati (Universitas Muhammadiyah Prof Dr. Hamka)
Imas Ratna Ermawati (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka)
Mutiara Rizky Nazmia (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka)
Fathiyyah Adilah (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2023

Abstract

Pada masa peralihan pembelajaran online ke offline akibat pandemi, para guru dituntut untuk mencari pembelajaran yang lebih inovatif dalam membantu peserta didik dalam proses pembelajaran yang menyenangkan sehingga siswa dapat tertarik dan mampu mengembangkan potensi yang dimilikinya. Aplikasi KOCO.SCHOOLS sebagai sarana pembelajaran yang dapat digunakan guru dalam mengelola kelas agar terciptanya proses pembelajaran yang maksimal dan tercapainya tujuan pembelajaran. Instrument yang digunakan untuk mengetahui sejauh mana kepuasan peserta dalam mendapatkan pelatihan, yaitu menggunakan pree test dan post test. Berdasarkan dari hasil pre test, diperoleh data bahwa peserta yang tertarik dengan aplikasi tersebut sebanyak 96,2% dan peserta yang berencana akan menggunakan aplikasi KOCO.SCHOOLS sebagai media pembelajaran interaktif sebanyak 88,5% peserta. Kemudian berdasarkan hasil post test, diperoleh data bahwa terjadi penurunan pada ketertarikan peserta terhadap aplikasi KOCO.SCHOOLS sebanyak 22,9%, dari 96,2% turun menjadi 73,3%. Peserta mengharapkan pengembangan berlanjut terhadap aplikasi KOCO.SCHOOLS ini agar bisa lebih menarik lagi untuk digunakan oleh tenaga pengajar di Indonesia.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIMi

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal ini merupakan jurnal pengabdian kepada masyarakat, yaitu sebagai wadah publikasi ilmiah khusus pengabdian kepada masyarat. Diharapkan dengan adanya jurnal ini akan dapat membantu kepada pembaca untuk memberikan wawasan, gagasan, ide, rujukan, dalam pengembangan pemberdayaan ...