Manajemen Berbasis Sekolah merupakan suatu konsep pengelolaan yang menawarkan otonomi kepada sekolah untuk mengambil keputusan dalam upaya melibatkan seluruh komponen  sekolah  secara  efektif  dan   efisien untuk  meningkatan  mutu  pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi dalam peningkatan mutu pendidikan. Pendekatannya kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan  studi dokumentasi. Subyek penelitian adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, dan  ketua komite sekolah. Hasil   penelitian  menunjukkan  bahwa:  (1)   Perencanaan  program  berdasarkan  visi, misi,  dan  tujuan sekolah. Program kerja disusun oleh  tiap  komponen   sekolah dengan merevisi program kerja tahun yang lalu dan  diverifikasi oleh  kepala sekolah. Subtansinya mengarah pada  upaya peningkatan mutu pendidikan namun tidak mencantumkan target hasil  secara detail. (2) Pelaksanaan program dikelola oleh tiap  komponen sekolah, dengan menyiapkan petunjuk pelaksanaan tertulis seperti: Dokumen KTSP,  struktur organisasi, pembagian tugas guru dan  tenaga kependidikan, peraturan akademik, dan  tata tertib sekolah. (3) Evaluasi program lebih  terfokus pada  program akademik dari pada  efektifitas dan  efisiensi pembelajaran dan  kinerja guru, melaksanakan  Evaluasi Diri  Sekolah dan akriditasi sekolah. Hasil  evaluasi pelaksanaan program dibuat laporan yang terdiri dari laporan teknis dan  keuangan kepada pemerintah daerah.
Keywords: Manajemen, bimbingan dan  konseling, pembinaan siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2015