SEIKO : Journal of Management & Business
Vol 6, No 2.1 (2023)

Pengaruh Pelatihan Kewirausahaan dan Mentoring Bisnis Terhadap Perkembangan dan Kemajuan UMKM

Putri, Fellicia Tiara (Unknown)
Fauziyah, Azizah (Unknown)
Kanita, Ghia Ghaida (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jul 2023

Abstract

Pada tahun 2022, jumlah UMKM di Indonesia diperkirakan mencapai 57,76 juta. Namun, wabah yang terjadi saat ini membuat para pelaku UMKM kesulitan untuk tetap menjalankan bisnisnya. Bantuan yang dapat memberikan efek menguntungkan bagi pertumbuhan UMKM diperlukan untuk membantu UMKM mengatasi masalah yang menghambat mereka untuk mencapai potensi penuh mereka. Para peneliti di rumah BUMN Tasikmalaya berangkat untuk meneliti efek dari dukungan bisnis dan program pelatihan terhadap pertumbuhan dan keberhasilan UMKM. Teknik penelitian kuantitatif yang menekankan pada deskripsi dan verifikasi digunakan dalam penelitian ini. Tiga puluh peserta (semua pelaku UMKM binaan BUMN Tasikmalaya) diikutsertakan dalam analisis ini. Tiga puluh peserta digunakan sebagai ukuran sampel karena sampel jenuh digunakan untuk penyelidikan ini. Uji Hipotesis Regresi Linear Sederhana dengan Uji Asumsi Tradisional digunakan sebagai teknik analisis. Selain itu, uji t dan koefisien determinasi dapat digunakan untuk menguji pengaruh X terhadap Y. Penelitian ini menemukan bahwa pertumbuhan dan kemajuan UMKM binaan rumah BUMN Tasikmalaya dipengaruhi secara positif oleh pelatihan kewirausahaan dan bantuan usaha sebesar 66,6%. Sedangkan faktor lain seperti ketersediaan infrastruktur teknis, ketersediaan modal usaha, dan pendapatan UMKM memberikan sisa 33,4% dari total pengaruh. Kata Kunci: Kemajuan UMKM, Mentoring Bisnis, Pelatihan Kewirausahaan, Perkembangan UMKM.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

seiko

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

The Journal Management & Business (SEJaman) provides a forum for academics and professionals to share the latest developments and advances in knowledge and practice of management business both theory and practices. It aims to foster the exchange of ideas on a range of important management subjects ...