Penelitian ini dilatar belakangi kemampuan interaksi sosial siswa rendah yang diduga diakibatkan oleh penggunaan gadget. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan gadget terhadap kemampuan interaksi sosial siswa di SD Negeri 79 Prabumulih. Populasi penelitian ini 64 siswa. Penelitian ini dilakukan dikelas V.A sebanyak 32 siswa. Penelitian ini peneliti menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan analisi kausal. Penelitian ini menggunakan analisis data menggunakan teknik regresi linear sederhana dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Karena nilai koefisien regresi bernilai (+) positif maka dengan demikian dapat dikatakan bahwa penggunaan gadget berpengaruh terhadap kemampuan interaksi sosial. Sehingga persamaan regeresinya adalah Y = 41,014 + 0,623 X. Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat ditarik kesimpulan bahwa hasil nilai analisis regresi sederhana yang menunjukan angka yang signifikansi sebesar 0.000 < 0.05 yang artinya Ha diterima dan Ho ditolak, dimana Ha berbunyi “Adanya pengaruh penggunaan gadget terhadap kemampuan interaksi sosial siswa kelas V di SD Negeri 79 Prabumulih”. Kata kunci: Gadget, Interaksi Sosial
Copyrights © 2023