Al-Hikmah: Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education
Vol 7 No 1 (2023): Ijecie

HUBUNGAN ANTARA AKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PAPAN FLANEL DENGAN KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA PADA ANAK USIA DINI

Arif Nursihah (PIAUD, Univeritas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung)
Hilman Mangkuwibawa (PIAUD, Univeritas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung)
Dinar Farida Fauziah (Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung)



Article Info

Publish Date
27 Jun 2023

Abstract

Abstrak Melatih kemampuan kognitif pada anak terutama dalam mengenalkan angka sangat penting diperlukan untuk mengasah keterampilan matematika pada anak. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mempersiapkan diri anak terhadap pendidikan pada tingkat yang lebih tinggi di masa yang akan datang sesuai dengan tahap tumbuh kembangnya. Metode penelitian yang akan digunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi yaitu untuk mengetahui hubungan suatu variabel dengan variabel lainnya. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik analisis kuantitatif korelasional (sampling jenuh), serta teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil dari analisis data menunjukkan bahwa dalam aktivitas penggunaan media papan flanel memperoleh nilai rata-rata 80 berada pada rentang 80-100 yang berinterpretasikan sangat baik. Sedangkan kemampuan mengenal angka pada anak usia dini memperoleh nilai rata-rata 75 berada pada rentang 70-79 yang berinterpretasikan baik. Selanjutnya, hubungan antara aktivitas penggunaan media papan flanel dengan kemampuan mengenal angka pada anak usia dini diperoleh harga koefisien korelasi sebesar 0,773. Hasil uji signifikansi korelasi t hitung = 3,854 > t tabel = 2,228, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, hubungan antara aktivitas penggunaan media papan flanel memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan kemampuan mengenal angka pada anak usia dini sebesar 59,75%, sisanya yaitu 40,25 dipengaruhi faktor lain. Kata Kunci: Anak Usia Dini, Kemampuan Mengenal Angka, Media Papan Flanel Abstract Training cognitive abilities in children, especially in introducing numbers is very important to hone math skills in children. The purpose of this study is to prepare children for education at a higher level in the future according to their stage of growth and development. The research method that will use a quantitative approach with the correlation method is to determine the relationship of a variable with other variables. In this study, researchers used correlational quantitative analysis techniques (saturated sampling), as well as data collection techniques using observation, documentation and interviews. The results of the data analysis show that in the activity of using flannel board media, an average value of 80 is in the range of 80-100 which is interpreted very well. While the ability to recognize numbers at an early age obtains an average value of 75 in the range of 70-79 which has a good interpretation. Furthermore, the relationship between the activity of using flannel board media and the ability to recognize numbers in early childhood obtained a correlation coefficient of 0.773. The results of the correlation significance test t count = 3.854 > t table = 2.228, then H0 is rejected and Ha is accepted. Thus, the relationship between the activity of using flannel board media has a positive and significant relationship with the ability to recognize numbers in early childhood by 59.75%, the remaining 40.25 is influenced by other factors. Keywords: Early Childhood, Ability to Recognize Numbers, Flannel Board Media

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ijecie

Publisher

Subject

Religion Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Al-Hikmah: Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education (IJECIE) invites scholars, researchers, and students to contribute the result of their studies and researches in the areas related to Islamic Early Childhood Education, Nurturing, and Parenting which covers textual and fieldwork ...