Science and Technology (SciTech)
The 2nd Seminar Nasional dan Prosiding Scitech 2023

PENERAPAN METODE ALGORITMA SHUFFLE RANDOM PADA GAME MATEMATIKA BERBASIS ANDROID




Article Info

Publish Date
28 Jun 2023

Abstract

Penelitian Ini dilatar belakangi oleh covid-19 serta menurunnya minat siswa dalam mempelajari matematika dikarenakan cara pengajaran yang masih menggunakan media cetak, hal tersebut membuat siswa cenderung mengantuk dan malas ketika belajar matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang sebuah media pembelajaran matematika dalam bentuk game edukasi, guna menarik minat siswa dalam mempelajari matematika. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan waterfall (pressman 2015) yang dipadukan dengan algoritma Shuffle Random. Dalam penerapannya, metode Waterfall ini memiliki memiliki 5 tahapan yaitu, Communication, Planning, Modelling, Construction, Deployment. Untuk penerapan algoritma Shuffle Random terletak pada soal dimana algoritma tersebut akan mengacak soal yang ada. Hasil dari penelitian aplikasi game edukasi yang berjudul “Penerapan Metode Algoritma Shuffle Random Pada Game Matematika Berbasis Android” berbasis android dapat dimainkan oleh siswa siswi SD Negeri 2 Pekalongan dengan hasil pengujian dari 40 responden 74,06%, ahli materi 90,48%, dan ahli media 95,83%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

scitech

Publisher

Subject

Arts Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Electrical & Electronics Engineering Industrial & Manufacturing Engineering

Description

Terdiri dari 8 keilmuan program studi yaitu Teknik Informatika, Teknik Industri, Teknik Sipil, Teknik Elektro, Sistem Informasi, Desain Komunikasi Visual, Desain Produk, dan Budidaya Perairan. Melalui transformasi digital harapannya; akademisi dapat menangkap peluang usaha sebagai sumber penghasilan ...