Science and Technology (SciTech)
The 2nd Seminar Nasional dan Prosiding Scitech 2023

GAME CREATIVE UKIR BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN ALGORITMA FISHER YATES SHUFFLE DI SD NEGERI 05 PECANGAAN WETAN




Article Info

Publish Date
28 Jun 2023

Abstract

Seni ukir atau ukiran merupakan gambar hiasan dengan bagian-bagian cekung (kruwikan) dan cembung (buledan) yang membentuk suatu gambar yang indah. Pengertian ini berkembang hingga dikenal sebagai seni ukir yang merupakan seni membentuk gambar pada kayu, batu, atau bahan-bahan lain. Dengan permasalahan diatas maka peneliti bertujuan untuk merancang game edukasi creative ukir yaitu aplikasi game belajar sambil bermain dan dibuat dengan aplikasi Construct 2 dengan menggunakan Algoritma Fisher Yates Shuffle dan metode RAD. Game dirancang dengan tujuan untuk menggali minat belajar anak akan materi pelajaran sambil bermain, sehingga yang awalnya permainan hanya berfungsi sebagai media penghibur, akhirnya dapat dipakai sebagai media pembelajaran. Sehingga anak akan lebih merasa senang dan diharapkan anak akan lebih mudah memahami tentang materi pembelajaran yang diberikan oleh pengajar. Hasil dari penelitian ini yaitu sebuah aplikasi Game Creative Ukir yang dirancang untuk memberikan pengetahuan peserta didik mengenai motif-motif ukir, sehingga dapat mengetahui jenis-jenis dan motif ukir-ukiran sejak usia dini, dan secara tidak langsung aplikasi ini dapat membantu dalam melestarikan budaya ukir. Hasil pengujian dari aplikasi ini untuk Ahli Media mencapai 100% dan ber kriteria sangat layak, untuk Ahli Materi 100% dan ber kriteria sangat layak, serta responden masyarakat/wali peserta didik 96.78% yang menghasilkan kesimpulan sangat layak. Sehingga aplikasi ini dapat digunakan pada oleh SD Negeri 05 Pecangaan Wetan untuk digunakan dalam pembelajaran.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

scitech

Publisher

Subject

Arts Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Electrical & Electronics Engineering Industrial & Manufacturing Engineering

Description

Terdiri dari 8 keilmuan program studi yaitu Teknik Informatika, Teknik Industri, Teknik Sipil, Teknik Elektro, Sistem Informasi, Desain Komunikasi Visual, Desain Produk, dan Budidaya Perairan. Melalui transformasi digital harapannya; akademisi dapat menangkap peluang usaha sebagai sumber penghasilan ...