Banyak upaya yang dapat dilakukan untuk membantu proses pembelajaran. Transfer pengetahuan akan optimal jika didukung dengan media pembelajaran yang tepat. Sekolah Dasar Inpres Marinding dalam proses pembelajaran selama ini belum dapat memanfaatkan teknologi terkini yang sesuai untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang suatu mata pelajaran. Padahal pesatnya perkembangan teknologi informasi dapat dimanfaatkan sebagai media tambahan untuk mendukung pembelajaran yang merangsang imajinasi, interaktif dan menumbuhkan minat belajar sehingga proses belajar mengajar menjadi lebih baik lagi.Demi menunjang proses pembelajaran di SDN 294 Inpres Marinding, siswa diharapkan memiliki banyak buku yang berisi satu tema tertentu sebanyak jumlah tema yang ada. Akan tetapi, pembelajaran masih berpusat pada buku tersebut dan tidak ada alat peraga khusus tentang Flora. Siswa tidak dapat melihat objek Flora secara langsung, hanya melalui gambar di buku dan kurang detailnya informasi tentang objek tersebut. Akibatnya, pembelajaran cenderung monoton, dan kurang kreatifitas.Solusi yang diusulkan adalah memberikan pelatihan untuk implementasi aplikasi Augmented Reality Pengenalan dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan guru dan siswa dalam pemanfaatan teknologi informasi untuk media pembelajaran alternatif melalui Augmented Reality khususnya pembelajaran Flora.Tercapainya tujuan kegiatan telah menghasilkan luaran berupa modul dan aplikasi yang dapat menjadi alternatif media pembelajaran, publikasi pada media online dan jurnal yang diterbitkan di ILKOMAS.
Copyrights © 2023