Dalam menyambut pesta demokrasi tahun 2024 banyak politisi mulai melakukan kampanye di setiap daerah yang menimbulkan banyak sentimen positif dan negatif yang berbeda pada setiap masyarakat Indonesia. Ganjar Pranowo merupakan salah satu politisi yang akan ikut andil sebagai bakal calon presiden 2024 yang membuat warganet di twitter banyak yang memberikan opini terhadapnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengklasifikasikan sentimen masyarakat di Twitter terhadap Ganjar Pranowo dengan menggunakan 4000 data tweet. Klasifikasi dibedakan menjadi dua kelas yaitu positif dan negatif menggunakan metode Modified K-Nearest Neighbor yang dikombinasi dengan feature weighting, feature selection menggunakan teknik pendekatan supervised learning. Hasil dari penelitian ini setelah melewati tahap dari pengambilan, pelabelan data, preprocessing, feature weighting, feature selection, MK-NN dan evaluasi akurasi mendapatkan nilai akurasi tertinggi di 83,8% dengan perbandingan 90:10 dengan nilai k=3.
Copyrights © 2023