International Journal of Community Service Learning
Vol. 7 No. 2 (2023): May 2023

Implementasi Tanggap Wilayah dalam Mitigasi Bencana Gunung Api di Sekolah Dasar

Mustofa, Mukhlis (Unknown)
Handini, Oktiana (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jun 2023

Abstract

Pengabdian masyarakat ini dilatarbelakang fenomena sekolah di wilayah Selo yang belum melaksanakan pembelajaran berbasis mitigasi bencana erupsi merapi pada wilayah Jrakah yang dekat dengan puncak merapi. Tujuan pengabdian ini adalah pembentukan budaya sadar dan selamat bencana sejak dini melalui pendidikan kebencanaan, antara lain dengan pembelajaran mitigasi bencana. Mitra pengabidn ini adalah SD. Metode pengabdian ini dilakukan dengan sosialisasi pentingnya pendidikan kebencanaan dala mmenghadapi risiko bencana alam dan bahaya yang dapat mengancam, harus dimulai dalam pendidikan sejak awal, dan dilakukan secara berkelanjutan. Kesiapsiagaan berarti siswa harus peduli terhadap kondisi lingkungan sekitarnya yang berpotensi bencana alam. Untuk mencapai tujuan pembelajaran mitigasi bencana alam maka para guru tidak hanya diharapkan mengembangkan aspek kognitif, tetapi juga harus mengembangkan aspek afektif dan psikomotorik siswa. Pembekalan pembelajaran berbasis mitigasi bencana erupsi menjadi konsekuensi dalam penyiapan generasi tanggap bencana sejak awal mula. Hasil yang diharapkan dari pelaksanaan pengabdian ini dapat memberikan pemahaman tentang Memberikan dasar ilmiah bagi guru Sekolah Dasar dalam memahami hakikat pendidikan mitigasi bencana di Sekolah Dasar.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

IJCSL

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

International Journal of Community Service Learning is a scientific journal Community Service published by Universitas Pendidikan Ganesha. This journal is published 4 times a year, ie in February, May, August, and November. The article was published on the results of community service related to ...