Cafe merupakan salah satu tempat yang sering dikunjungi di kalangan masyarakat dari remaja hingga dewasa, masyarakat dalam mengunjungi suatu cafe umumnya memiliki faktor atau alasan tertentu, misalnya suasana, kenyamanan, kebersihan, harga yang terjangkau serta variasi menu yang beragam dan up to date. Hal ini sejalan dengan tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh suasana cafe, harga, dan variasi menu terhadap minat konsumen berkunjung ke Dbest Cafe Tuamang Medan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian survei dengan 120 responen dengan rentang usia 17-50 tahun, dimana data dikumpulkan dari responden melalui kuesioner dan menggunakan rumus lemeshow dalam penentuan sampel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel suasana cafe, harga berpengaruh positif dan signifikan sedangkan variasi menu berpengaruh namun tidak signifikan hal ini terjadi karena variasi menu yeng beragam tidak menjadi faktor yang mempengaruhi kunjungan di Dbest cafe. Hal ini terjadi karena dalam menentukan kunjungannya konsumen lebih mementingkan suasana yang nyaman, pencahayaan yang baik dan harga yang bersaing serta terjangkau merupakan faktor konsumen dalam menentukan kunjungannya. Pada penelitian ini memiliki populasi sampel yang digunakan terbatas, sehingga penelitian selanjutnya agar memperluas cakupan penelitian untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.
Copyrights © 2023