Pembelajaran Matematika kurang optimal disebabkan oleh proses pembelajaran yang hanya mengandalkan buku sebagai sumber belajar, sehingga pembelajaran cenderung membosankan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis rancang bangun, kelayakan, dan efektivitas penggunaan video pembelajaran berbasis kontekstual. Model pengembangan yang digunakan yaitu model ADDIE. Subjek penelitian: ahli materi, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran, dan 28 siswa kelas V. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan tes. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif, teknik analisis deskriptif kualitatif, teknik analisis statistik deskriptif, dan teknik analisis statistik inferensial. Hasilnya media yang dikembangkan layak dan efektif diterapkan dalam pembelajaran dengan hasil uji ahli materi 95,59%, ahli desain pembelajaran 90,90%, ahli media pembelajaran 90,38%, uji perorangan 90,91%, uji kelompok kecil 91,48%, uji lapangan 90,34% dan uji efektivitas dengan uji-t memperoleh thitung (15,761) lebih besar daripada ttabel (1,703) sehingga H1 diterima. Ada perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan Matematika sesudah menggunakan video pembelajaran matematika berbasis kontekstual pada materi debit kelas V.
Copyrights © 2023