Mimbar Pendidikan Indonesia
Vol. 4 No. 1 (2023): January

Video Pembelajaran Berbasis Kontekstual Solusi Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan Matematika Siswa Kelas V

Pati, Ocy Margaretha Tiala (Unknown)
Agustika, Gusti Ngurah Sastra (Unknown)
Wulandari, I` Gusti Agung Ayu (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jan 2023

Abstract

Pembelajaran Matematika kurang optimal disebabkan oleh proses pembelajaran yang hanya mengandalkan buku sebagai sumber belajar, sehingga pembelajaran cenderung membosankan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis rancang bangun, kelayakan, dan efektivitas penggunaan video pembelajaran berbasis kontekstual. Model pengembangan yang digunakan yaitu model ADDIE. Subjek penelitian: ahli materi, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran, dan 28 siswa kelas V. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan tes. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif, teknik analisis deskriptif kualitatif, teknik analisis statistik deskriptif, dan teknik analisis statistik inferensial. Hasilnya media yang dikembangkan layak dan efektif diterapkan dalam pembelajaran dengan hasil uji ahli materi 95,59%, ahli desain pembelajaran 90,90%, ahli media pembelajaran 90,38%, uji perorangan 90,91%, uji kelompok kecil 91,48%, uji lapangan 90,34% dan uji efektivitas dengan uji-t memperoleh thitung (15,761) lebih besar daripada ttabel (1,703) sehingga H1 diterima. Ada perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan Matematika sesudah menggunakan video pembelajaran matematika berbasis kontekstual pada materi debit kelas V.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIPI2

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Mimbar Pendidikan Indonesia (MPI) dalah salah satu jurnal yang menjadi wadah untuk mempublikasikan artikel yang berkaitan dengan hasil peneitian yang berkaitan dengan ilmu pendidikan. jurnal ini akan terbit sebanyak 3 kali dalam waktu setahun. Januari, Mei, dan ...