Mimbar Pendidikan Indonesia
Vol. 4 No. 2 (2023): May

Model Kooperatif Tipe Time Token terhadap Kemampuan Komunikasi dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V

Ni Made, Gayatri Dewi (Unknown)
I Ketut Gading (Unknown)
I Gusti Ayu Tri Agustiana (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 May 2023

Abstract

Kemampuan komunikasi siswa khususnya di SD yang masih terbilang rendah menyebabkan banyak siswa yang terlihat kesulitan dalam berdiskusi baik dengan teman maupun guru, sehingga siswa juga kesulitan dalam menjelaskan kesimpulan dari hasil diskusi mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model kooperatif tipe Time Token terhadap kemampuan komunikasi dan hasil belajar IPA siswa kelas V SD. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan nonequivalent pre-test post-test control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD yang berjumlah 304 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil menggunakan teknik random sampling dan didapatkan 2 sekolah yang mana kelas eksperimen dengan jumlah 32 siswa dan kelas kontrol dengan jumlah 31 siswa. Metode yang digunakan yakni metode non test (lembar observasi) dan test (soal pilihan ganda). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan inferensial berupa Uji-T dan MANOVA. Hasil penelitian ini dikuatkan berdasarkan perhitungan Uji-T pada hipotesis I dan II yang seluruhnya memperoleh hasil nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 dan berdasarkan perhitungan uji MANOVA pada hipotesis III memperoleh hasil nilai F=211,211 serta nilai signifikansi sebesar 0,000 yang berarti lebih kecil dari 0,05. Disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model kooperatif tipe Time Token terhadap kemampuan komunikasi dan hasil belajar IPA siswa kelas V SD. Implikasi penelitian ini adalah model kooperatif tipe Time Token dapat efektif meningkatkan kemampuan komunikasi dan hasil belajar IPA siswa kelas V SD.  

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIPI2

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Mimbar Pendidikan Indonesia (MPI) dalah salah satu jurnal yang menjadi wadah untuk mempublikasikan artikel yang berkaitan dengan hasil peneitian yang berkaitan dengan ilmu pendidikan. jurnal ini akan terbit sebanyak 3 kali dalam waktu setahun. Januari, Mei, dan ...