E-Jurnal Akuntansi TSM
Vol 3 No 1 (2023): E-Jurnal Akuntansi TSM

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN NONKEUANGAN DI INDONESIA

Ridha Azzahra (Trisakti School of Management)
Widyawati Lekok (Trisakti School of Management)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2023

Abstract

Abstract: The purpose of this study is to provide empirical evidence about the factors that affect firm value. This study aims to gather empirical evidence about whether institutional ownership return on assets, leverage, dividend policy, firm size, company productivity, and sales growth affect firm value. This study uses a population of non-finance companies that are listed in the Indonesia Stock Exchange in the year 2019-2021. The selection sample in this study research was based on the purposive sampling technique with a total of 282 data samples used. This study uses a multiple regression model. The results of this study show that return on assets, leverage, and sales growth affect firm value. The greater the return on assets of a company, the more company has large assets that can be rotated to generate profits. If the greater leverage, the greater company wealth financed with debt, that company has an increased ability to manage resources, so that investors give more trust to the company. Sales growth can give investors an idea of how a company's future prospects. Meanwhile, institutional ownership, dividend policy, firm size, and firm productivity have no effect on firm value. Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan bukti empiris terkait faktor-faktor yang mempengaruhi nilai perusahaan. Penelitian ini untuk menemukan bukti empiris mengenai apakah kepemilikan institusional, return on assets, leverage, kebijakan dividen, ukuran perusahaan, produktivitas perusahaan, dan pertumbuhan penjualan terhadap nilai perusahaan. Penelitian ini menggunakan populasi berupa perusahaan nonkeuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode tahun 2019-2021. Pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan total jumlah sampel data sebanyak 282 data. Penelitian ini menggunakan model regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa return on assets, leverage, dan pertumbuhan penjualan berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Return on assets suatu perusahaan semakin besar, maka perusahaan memiliki aset yang besar yang dapat dirotasi untuk menghasilkan laba. Apabila semakin besar leverage, maka semakin besar kekayaan perusahaan yang dibiayai dengan hutang, sehingga perusahaan memiliki kemampuan yang meningkat untuk mengelola sumber daya, sehingga investor lebih memberikan kepercayaan kepada perusahaan. Pertumbuhan penjualan dapat memberikan gambaran kepada investor tentang bagaimana prospek masa depan perusahaan. Sementara itu, kepemilikan institusional, kebijakan dividen, ukuran perusahaan, dan produktivitas perusahaan tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

EJATSM

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

E-Jurnal Akuntansi TSM is biannual publication issued in the month of March, June, September, and December. E-Jurnal Akuntansi TSM is a scientific journal which prioritizes the publication of articles (research and non-research based) regarding to accounting issues (financial accounting and capital ...